Jiwasraya Ambruk,OJK Perlu Reformasi Total
Jiwasraya Ambruk,OJK Perlu Reformasi Total

Peluang untuk merevisi Undang-undang (UU) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi terbuka



Carut-marut kasus yang melilit Jiwasraya ditengarai sebagai dampak dari lemahnya pengawasan dari regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kelemahan ini bisa jadi disengaja sebagai langkah untuk upaya melakukan tindak merugikan negara.

Masalah ini tentu membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang untuk merevisi Undang-undang (UU) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Menurut Jokowi, skandal Jiwasraya menjadi momentum baik untuk mereformasi industri keuangan nonbank, baik asuransi dan dana pensiun. Poin yang menjadi fokus perubahan adalah pengaturan, pengawasan, manajemen risiko sehingga diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan investor.

Skandal Jiwasraya mencuat setelah perusahaan gagal membayar klaim polis nasabah senilai Rp802 miliar pada Oktober 2018 lalu akibat persoalan likuditas.

Per September 2019, manajemen Jiwasraya menyebut ekuitas perseroan negatif sebesar Rp23,92 triliun. Sebab, liabilitas perseroan mencapai Rp49,6 triliun, sedangkan asetnya cuma Rp25,68 triliun.

Akibatnya, klaim gagal bayar perseroan membengkak hingga Rp12,4 triliun pada tahun lalu.

Setelah diselidiki, persoalan keuangan perseroan muncul lantaran perusahaan asuransi negara itu menempatkan investasi pada saham-saham 'gorengan'. Dalam hal ini, investasi ditempatkan pada saham yang tidak likuid dan bernilai rendah.

    Tags:
    Associate Consultants

    Penulis: Associate Consultants

    Senior Consultant, Berasuransi.com

    Member of Assosiasi Ahli Asuransi Indonesia (A3I)


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook



    Profil Berasuransi

    Berasuransi.com didirikan pada tanggal 20 Oktber 2018 oleh tim ahli yang tergabung dalam Asosiasi Ahli Asuransi Indonesia(A3I) dan dibawah pengawasan  Badan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesi.  Kelompok ini mendirikan lembaga ini sebagai [read more...]

    Facebook

    Twitter

    Contact Us

    Asuransi Mobil

    Asuransi Motor

    Asuransi Property

    Asuransi Usaha

    Asuransi Travel

    Asuransi Bonding

    Asuransi Konstruksi