Sudah Amankah Pintu Apartemen Saat Ini?
Sudah Amankah Pintu Apartemen Saat Ini?



Bagi masyarakat urban atau orang yang tinggal di perkotaan, tinggal di apartemen sudah jadi hal yang umum.   Jika dilihat dari harga dan ukurannya,  maka apartemen tersebut sebenarnya cukup mahal dan bahkan bisa dibilang fantastis.

Semua ruangan dalam apartemen hanya terpisahkan oleh dinding, atap dan lantai.  Tentu saja ini dapat mempengaruhi risiko satu sama lain jika terjadi kebakaran.  Oleh karena itu jika terjadi kebakaran di apartemen berpotensi menyebarkan api, panas dan asap ke seluruh bangunan yang dapat mengancam keselamatan seluruh penghuni. 

Kebanyakan bangunan apartemen saat ini belum seluruhnya memiliki system instalasi pipa gas untuk keperluan memasak yang centralized.   Para penghuni memiliki tabung gas (5-15kg) yang mereka bawa ke unit masing-masing diketinggian untuk keperluan memasak.    Padatnya penghuni kekurang disiplinan dalam mematuhi aturan keselamatan di apartemen membuat dampak resiko kebakaran akan menjadi besar. 

Di Indonesia, aturan pembangunan gedung bertingkat seperti apatemen sudah ada yaitu Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 dan Peraturan Daerah (Perda) masing-masing daerah.  Salah satu poin yang diatur dalam ketentuan tersebut adalah pemilik/pengelola bangunan apartemen harus memastikan penggunaan bahan bangunan yang tahan anti api.  Kenyataannya saat ini, banyak apartemen menggunakan pintu utama dari bahan engineering wood, kayu dilapisi yang sifatnya combustible material.    Jika terjadi kebakaran dalam salah satu ruangan apartemen, bahan-bahan seperti ini mudah terbakar, api sangat cepat menyebar keruangan lainnya dan membuat api menjadi besar hingga seluruh gedung.  

Pintu sangat penting menjaga privasi dan menjadi pertahanan terakhir bagi penghuni. Oleh karena itu, pemilihan disain, bentuk hingga bahan pintu menjadi sangat penting sekali karena dapat memberikan keindahan dan kegagahan ruangan.  Namun selain keindahan, keamanan adalah hal yang sangat vital, aman dari kebakaran, aman dari pencurian/pembongkaran hingga bisa memberikan kedap suara didalam ruangan bagi para penghuni.

Adanya resiko-resiko kebakaran, kebongkaran tersebut diatas bisa diatasi dengan kehadiran pintu tahan api ELPISDOOR dari bahan baja (fire proof) yang diproduksi oleh  PT. Elpisdoor Ere Indonesia.   Pintu ELPISDOOR merupakan pintu baja berkualitas tinggi yang sudah tersertifikasi dari dinas terkait baik Nasional maupun Internasional.

Beberapa keunggulan Pintu ELPISDOOR yaitu kusen dan daun pintu terbuat dari Electro Galvanized Steel (EGI) yang kuat.  Kemudian daun pintu dilengkapi dengan bahan peredam berkualitas serta anti api yaitu honeycomb, mineral wool dan TM Board.   Selain itu keunggulan lain dari ELPISDOOR adalah kusen dilengkapi dengan fire proof gasket yang berfungsi untuk menghilangkan suara benturan saat pintu ditutup.  Produk ini didisain dengan teknologi tinggi yang mampu menahan api hingga 2 jam. 

Tags: Resiko
Associate Consultants

Penulis: Associate Consultants

Senior Consultant, Berasuransi.com

Member of Assosiasi Ahli Asuransi Indonesia (A3I)


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Berasuransi

Berasuransi.com didirikan pada tanggal 20 Oktber 2018 oleh tim ahli yang tergabung dalam Asosiasi Ahli Asuransi Indonesia(A3I) dan dibawah pengawasan  Badan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesi.  Kelompok ini mendirikan lembaga ini sebagai [read more...]

Facebook

Twitter

Contact Us

Asuransi Mobil

Asuransi Motor

Asuransi Property

Asuransi Usaha

Asuransi Travel

Asuransi Bonding

Asuransi Konstruksi