Nasabah Asuransi Memiliki Asuransi Mobil,Tetapi Klaim Banjir Di Tolak
Nasabah Asuransi Memiliki Asuransi Mobil,Tetapi Klaim Banjir Di Tolak

Pada prinsipnya, kerusakan akibat banjir dan bencana alam lainnya dapat dijamin asuransi bila polisnya sudah diperluas.



Dede, nasabah sebuah perusahaan asuransi terlihat lesu, begitu mobil kesayangannya rusak total akibat terkena musibah banjir tanggal 1 Dersember 2020 lalu.   Kesedihan Dede bertambah ketika mobil tersebut ternyata tidak dijamin oleh Asuransi walau yang bersangkutan memiliki polis asuransi kendaraan bermotor.

Polis asuransi Dede diperroleh ketika mengambil kendaraan melalui leasing dan pada saat itu tanpa disadari bahwa paket asuransi yang dimiliki Dede adalah kombinasi paket All Risk, TLO dan All Risk sesuai masa kredit yang diambil yaitu 3 tahun.  Kejadian banjir kemarin memasuki periode polis tahun kedua yang mana jaminannya adalah TLO.

Berdasarkan pengalaman yang bersangkutan, sejatinya masyarakat harus memahami betul menganai asuransi mobil.  Asuransi mobil merupakan paket asuransi yang memberikan perlindungan atau proteksi atas kerugian / kerusakan / kehilangan atas kendaraan bermotor, yang disebabkan oleh risiko-risiko yang dijamin dalam polis Asuransi Kendaraan Bermotor.  Dalam hal ini, masyarakat harus mengetahui bahwa kata kuncinya adalah atas resiko-resiko yang dijamin oleh polis.  

Pada prinsipnya, kerusakan akibat banjir dan bencana alam lainnya dapat dijamin asuransi bila polisnya sudah diperluas. Kendaraan yang masih dalam masa kredit umumnya dilengkapi asuransi, namun Anda tetap harus memastikan cakupan risiko yang ditanggungnya. "Banjir dan bencana alam pada dasarnya tidak masuk dalam jaminan asuransi, tapi bisa di-cover jika ada perluasan jaminan.

Paket Asuransi Mobil terdiri dari:

1. Asuransi Kendaraan All Risk/Comprehensive
All risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Asuransi ini disebut juga asuransi kendaraan comprehensive atau keseluruhan. Ini berarti pihak asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.  Lecet sedikit saja pada mobil, asuransi akan membayarkan klaim asuransi. 


Baca juga : Perhitungan Premi Asuransi

Adapun perluasan yang tersedia untuk paket asuransi All Risk Adalah:

Perlindungan dari huru-hara. 
Jika terjadi huru-hara yang mengakibatkan rusaknya kendaraan, Anda akan mendapatkan sejumlah ganti rugi dari asuransi akan berlaku bila mobil Anda rusak karena kerusuhan, sabotase, terorisme, penghalangan kerja, dan penjarahan. 

Perlindungan dari bencana alam. 
Saat terjadi bencana alam yang membuat kendaraan rusak, Anda berhak memperoleh ganti rugi. Misalkan, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, dan segala macam bencana alam lainnya, dijamin asuransi. Termasuk, bila kendaraan Anda tertimpa pohon tumbang. 

Tanggung Jawab Hukum Pihak III.

Ini istilah ganti rugi yang diberikan kepada pihak lain. Misalnya Anda menabrak kendaraan orang lain dan orang tersebut menuntut ganti rugi. Pihak asuransi akan mengganti rugi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tetapi jika ternyata Anda mabuk saat mengemudi, asuransi berhak untuk menolak memberikan ganti rugi.

Kecelakaan diri pengemudi. 
Selain melindungi kendaraannya, ada asuransi yang juga memproteksi penumpangnya seperti penggantian biaya rumah sakit, santunan untuk cacat tetap dan meninggal dunia.

Kecelakaan diri penumpang. 
Perluasan lain yang bisa Anda tambahkan juga mengenai kecelakaan diri penumpang. Jaminan terhadap risiko kecelakaan diri penumpang dapat dipertanggungkan atas risiko meninggal dunia, cacat tetap, dan biaya perawatan atau pengobatan dokter.

2. Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO)
TLO (Total Loss Only): yaitu jaminan terhadap kehilangan kendaraan saja atau jika terjadi kerusak an lebih dari 75% dari harga kendaraan. Secara harfiah Total Loss Only (TLO) berarti "hanya (jika) kehilangan total". Berarti klaim asuransi hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’. 

Ir.Lindur Siburian, ANZIIF, AAAIK

Penulis: Ir.Lindur Siburian, ANZIIF, AAAIK

CEO & Managing Partner Berasuransi.com

RISK MANAGEMENT & FINANCIAL Consultant, Founder of Knowledge Center
Graduated from Statistical Science, IPB, Post Graduated UI, working experience in Marketing Research Consultant, Banking, General Insurance,  Insurance Consulting and many area of Financial and Economic sector.


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Berasuransi

Berasuransi.com didirikan pada tanggal 20 Oktber 2018 oleh tim ahli yang tergabung dalam Asosiasi Ahli Asuransi Indonesia(A3I) dan dibawah pengawasan  Badan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesi.  Kelompok ini mendirikan lembaga ini sebagai [read more...]

Facebook

Twitter

Contact Us

Asuransi Mobil

Asuransi Motor

Asuransi Property

Asuransi Usaha

Asuransi Travel

Asuransi Bonding

Asuransi Konstruksi