Imbas Kasus Jiwasraya dan Asabri, 800 Rekening Efek Diblokir
Imbas Kasus Jiwasraya dan Asabri, 800 Rekening Efek Diblokir

Penghentian perdagangan sementara juga dilakukan tanggal 22 Januari 2020 oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan OJK



Sejak 16 Januari 2020, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono menyampaikan pemblokiran rekening atas 800 rekening efek. Pemblokiran ini terkait dengan skandal Jiwasraya.  Penghentian perdagangan sementara juga dilakukan tanggal 22 Januari 2020 oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan OJK  terhadap lima saham yang terkait dengan Jiwasyara.  Penyidik kejaksaan memblokir rekening efek dan rekening perstudian efek tersebut yang menjadi milik para tersangka kasus Jiwasraya. 

Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono mengatakan suspensi dilakukan sebagai bentuk komitmen regulator pasar modal untuk menjaga perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien. Sebanyak 800-an rekening efek yang berkaitan dengan skandal korupsi dan gagal bayar di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah diblokir. Permintaan pemblokiran datang dari Kejaksaan Agung kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lalu dieksekusi oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Jiwasraya tengah mengalami kondisi default hingga Rp 12,4 triliun. Kemudian perusahaan ini juga dirundung masalah korupsi yang melibatkan Direktur Utama PT Hanson International, Benny Tjokrosaputro. Total kerugian negara pun diprediksi melebihi angka Rp 13,7 triliun.

KSEI memastikan bahwa secara aturan, semua proses pemblokiran rekening efek memang dilakukan oleh pihaknya. Namun perintah pemblokiran datang dari OJK.  Hal ini merujuk pada surat yang dikeluarkan OJK No. SR-11/PM.21/2020 pada 22 Januari 2020. Surat itu berisi Perintah Penghentian Sementara Perdagangan Efek. Kelimanya yaitu PT Inti Agri Resources Tbk. (IIKP), PT Eureka Prima Jakarta Tbk. (LCGP), PT Hanson International Tbk. (MYRX), PT SMR Utama Tbk. (SMRU), dan PT Trada Alam Minera Tbk. (TRAM).

    Tags:
    Associate Consultants

    Penulis: Associate Consultants

    Senior Consultant, Berasuransi.com

    Member of Assosiasi Ahli Asuransi Indonesia (A3I)


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook



    Profil Berasuransi

    Berasuransi.com didirikan pada tanggal 20 Oktber 2018 oleh tim ahli yang tergabung dalam Asosiasi Ahli Asuransi Indonesia(A3I) dan dibawah pengawasan  Badan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesi.  Kelompok ini mendirikan lembaga ini sebagai [read more...]

    Facebook

    Twitter

    Contact Us

    Asuransi Mobil

    Asuransi Motor

    Asuransi Property

    Asuransi Usaha

    Asuransi Travel

    Asuransi Bonding

    Asuransi Konstruksi