Bagaimana Memahami Polis Asuransi, Berikut Langkahnya
Bagaimana Memahami Polis Asuransi, Berikut Langkahnya

Untuk menghindari kesalahan terkait isi polis asuransi terutama pada bagian lingkup jaminan, perlindungan asuransi, fasilitas tambahan, periode asuransi dan potongan biaya, sebaiknya Anda berkonsultasi dan bernegosiasi dengan staf pemasar asuransi Anda sebelum proses prosedur asuransi berjalan.



Membaca Polis
Persoalan yang umum dalam kehidupan sehari-hari umat manusia adalah terlalu menyepelekan setiap dokumen yang diterima.  Contohnya adalah polis asuransi.  Sangat disayangkan bahwa pemegang polis setelah membeli asurasi seringkali mengabaikan  pada polis asuransi.  Terlalu cepat dihipnotis oleh rayuan marketing atas poin-poin keuntungan yang didapat dari asuransi, cara klaim dan besarnya premi yang harus dibayarkan. Padahal membaca polis asuransi tidak kalah pentingnya. Banyak nasabah asuransi merasa tertipu atau dipersulit ketika mengklaim asuransi. Padahal jika ditilik lebih lanjut, hal ini terjadi karena kesalahpahaman yang timbul akibat kurang cermat memahami polis asuransi yang dibeli.
Memang buku asuransi yang tebal, huruf-hurufnya yang kecil belum lagi bahasa hukum yang njlimet dan panjang membuat kita malas membaca kalimat per kalimat. Namun itu bukan alasan, karena polis asuransi merupakan penjabaran lebih detail dari produk asuransi yang kita beli. Di dalamnya berisi informasi dan kesepakatan antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang umumnya berbentuk perjanjian sepihak. Karena butir-butir kesepakatan telah ditentukan secara sepihak oleh perusahaan asuransi.


Pahami Pernyataan pada Polis Asuransi
Bagian terpenting yang harus diperhatikan saat kita menerima polis asuransi yaitu ikhtisar atau lembar pernyataan yang terdiri atas 3 – 5 lembar atau lebih, yang berisikan antara lain:
•    Nama Tertanggung
•    Nama Pemegang Polis
•    Nama penerima manfaat dan besaran persentase pembagiannya
•    Alamat Tertanggung
•    Uang Pertanggungan
•    Lingkup jaminan
•    Fasilitas tambahan dalam bentuk rider, clause dan warranty
•    Periode Asuransi
•    Potongan biaya yang dikenakan (Untuk Asuransi dengan investasi)
•    Nilai premi yang harus dibayar
•    Tanggal terbit polis
•    Tanda tangan penanggung
Data yang terdapat dalam ikhtisar polis diambil dari surat permohonan asuransi yang Anda isi. Saat menerima polis asuransi tersebut periksa dengan teliti apakah ikhtisar polis sudah ditulis sesuai dengan data yang kita berikan dan penawaran yang kita terima.
Sebelum menandatangani polis, perhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Memahami Defenisi dalam Polis Asuransi
Kebanyakan polis memiliki halaman glosari berisi definisi istilah-istilah asuransi yang muncul di dalam polis. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengerti fungsi dan istilah asuransi yang terkesan kompleks atau susah dimengerti. Jika merasa kurang jelas, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan yang dimiliki perusahaan penyedia asuransi.


Teliti Pengecualian Dalam Polis Asuransi
Di setiap polis terdapat daftar berisi hal-hal yang tidak termasuk dalam rencana perlindungan Anda. Inilah yang disebut dengan pengecualian. Misalnya peristiwa kecelakaan akibat sesuatu yang di luar tanggungan seperti olahraga ekstrem, bunuh diri atau jika Anda melukai diri sendiri atau melanggar hukum. Terlepas dari itu, kini beberapa perusahaan asuransi secara kompetitif berusaha meminimalisirkan konteks pengecualian.

Masa Tenggang Polis Asuransi 
Seperti yang sudah dijelaskan kepada nasabah sebelumnya, kalau ternyata pada bagian ikhtisar polis terdapat ketidaksesuaian data atau penawaran, maka kita memiliki waktu (antara 7 sampai 14 hari terhitung sejak tanggal terbit polis) sebagai hak mempelajari polis atau cooling-off period.  Ketentuan mengenai Cooling Off Period ini juga tertuang dalam polis.  Di dalam jangka waktu itu polis bisa dibatalkan tanpa denda apapun dan uang yang telah Anda setor bisa kembali utuh.
Jika perubahan atau pembatalan polis asuransi dilakukan setelah cooling-off period berakhir, Anda harus menerima konsekuensi yang sudah tertulis pada klausa dalam polis asuransi, seperti pengenaan biaya pembatalan. Jadi pastikan Anda menerima polis dalam tenggang waktu ini.

Cek Kembali Ketentuan Polis Asuransi
Coba perhatikan ketentuan polis Anda, termasuk persyaratan atas perlindungan terhadap pihak Tertanggung, yaitu Anda. Apakah kondisi Anda saat ini sesuai dengan aturan polis asuransi yang dibeli? Bagaimana dengan kelengkapan rincian data pribadi Anda? Apakah semua data dijawab dengan jujur dan dapat dipertanggungjawabkan? Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kita sedang hidup dalam kondisi kesehatan tertentu sesuai dengan yang telah dijelaskan di dalam polis.
Tentu saja ini penting karena dapat mempengaruhi faktor kelancaran untuk mengklaim manfaat pertanggungan. Jangan sampai Anda atau pihak penerima manfaat tidak bisa mengklaim manfaat asuransi karena ada data-data yang tidak sesuai dengan ketentuan polis.

Polis Asuransi Bersifat Final dan Mengikat
Untuk menghindari kesalahan terkait isi polis asuransi terutama pada bagian lingkup jaminan, perlindungan asuransi, fasilitas tambahan, periode asuransi dan potongan biaya, sebaiknya Anda berkonsultasi dan bernegosiasi dengan staf pemasar asuransi Anda sebelum proses prosedur asuransi berjalan. Mintalah contoh polis yang terbaru, pelajari dan tanyakan istilah-istilah yang tidak Anda mengerti, bandingkan dengan informasi yang bisa Anda cari lewat internet, dan sesuaikan dengan tujuan Anda memiliki asuransi.

Karena sifatnya yang final dan mengikat, pastikan perlindungan dalam polis sesuai dengan kebutuhan Anda, bahkan sebenarnya kita pun dapat ‘mendesainnya’. Anda juga bisa meminta copy polis asuransi untuk dipelajari. Tidak perlu segan meminta penjelasan dari pihak asuransi mengenai setiap poin dalam polis asuransi.

Tags:
Associate Consultants

Penulis: Associate Consultants

Senior Consultant, Berasuransi.com

Member of Assosiasi Ahli Asuransi Indonesia (A3I)


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook



Profil Berasuransi

Berasuransi.com didirikan pada tanggal 20 Oktber 2018 oleh tim ahli yang tergabung dalam Asosiasi Ahli Asuransi Indonesia(A3I) dan dibawah pengawasan  Badan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesi.  Kelompok ini mendirikan lembaga ini sebagai [read more...]

Facebook

Twitter

Contact Us

Asuransi Mobil

Asuransi Motor

Asuransi Property

Asuransi Usaha

Asuransi Travel

Asuransi Bonding

Asuransi Konstruksi